Info Seragam

Seragam Kerja

June 16, 2015 12:04 pm

Baju kerja ataupun seragam kerja bukan sekadar pakaian yang menutupi tubuh. Lebih dari itu, baju itu juga menandakan identitas pribadi dan institusi tempat kerja. Seragam kerja bukan lagi monopoli instansi pemerintah. Saat ini, jamak kita melihat kantor-kantor swasta pun mewajibkan karyawannya mengenakan seragam sebagai identitas perusahaan.

Ada banyak bahan dan model yang membedakan seragam kantor sebuah perusahaan dengan perusahaan lain. Perbedaan ini tidak hanya bagian dari identitas perusahaan tersebut, tapi juga disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat kerja.

Pemilihan bahan banyak ditentukan oleh kondisi lingkungan tempat kerja serta fungsi dari pakaian tersebut. Apakah untuk kemeja kantor, kemeja kerja, kemeja lapangan, seragam pabrik, atau wearpack dan seragam tambang.

Jika pakaian seragam kerja itu digunakan untuk di dalam ruangan kantor yang ber-AC, kita dapat menggunakan bahan katun dan polyester. Sebab, suhu di ruangan ber-AC biasanya rendah dan adem. Sehingga, penggunaan bahan polyester tidak akan mengakibatkan badan terasa gerah.

Akan berbeda apabila baju itu digunakan untuk karyawan yang bekerja di luar ruangan. Maka, bahan katun yang adem akan sangat membantu badan tidak mudah gerah. Bahan katun juga dapat menyerap keringat dengan baik. Sehingga pakaian terasa nyaman bagi pemakainya.